Mengatasi Gejala Brebet atau Seperti Kehabisan Bensin Pada Yamaha Jupiter Z1

RASautomotive – Motor baru memang nyaman dan enak untuk dikendaraai, belum ada keluhan keluhan yang muncul, akan sangat beda halnya dengan motor yang sudah beberapa tahun di pakai, karena membutuhkan perawatan dan penggantian bagian bagian tertentu. Dalam kesempatan ini saya akan coba membahas mengenai salah satu penyebab mengapa motor Yamaha Jupiter Z1 mengalami gejala tersendat sendat seperti bensin yang mengalir tidak lancar atau banyak yang menyebut dengan istilah brebet. Kalau ada yang pernah merasakan ketika kita mengendarai motor seperti motor yang mau kehabisan bensin, Gas sudah diputer puter, tetapi tetap saja ngadat muncul gejala mau mati, ini lah yang dinamakan brebet.

Artikel Terkait dapat dilihat di  www.rudyasmandara.com

Pertama kali yang dilakukan adalah memeriksa tangki bensin, apakah memang bensinnya mau habis. Ternyata bensinnya masih banyak, paling tidak enak kalau kendaraan mengalami hal seperti di atas, pada saat kita mau pergi ke suatu tempat dan ternyata gejala ini muncul. Pilihan kembali menuju bengkel langganan, kemudian keluhan mengenai gejala yang terjadi pada motor, yaitu mesinnya tersendat sendat hidupnya seperti busi yang mau mati atau aliran bensin yang mengalir tidak lancar, Satu persatu bagian bagian mulai di buka dan di periksa


Pemeriksaan Pertama adalah pemeriksaan busi, apakah ada kemungkinanjarak renggang busi yang tidak tepat dan ternyata businya memercikan api yang masih cukup bagus, untuk lebih pasti dan yakin busi baru kemudian dipasang, kemudaian dicoba untuk dihidupkan kembali motornya, ternyata gejala tersendat sendat seperti mau kehabisan bensin masih terjadi.

Pemeriksaan Kedua adalah pembersihan bagian filter dan kawan kawannya, lalu kemudaian dicoba untuk dihidupkan kembali motornya, ternyata gejala tersendat sendat masih terjadi.

Pemeriksaan Ketiga, Kemudian beralih kearah bagian klep dan penyetelah klep. Setelah melakukan penyetelan klep ternyata gejala brebet seperti kekurangan bensin masih berlanjut….hmmmmm…istirahat dulu sambil minum kopi….sepertinya ada bagian lain yang harus diperiksa secara lebih detail lagi nihh…..

Pemeriksaan Keempat, mencoba mengecek bagian kabel kabel apakah ada kemungkinan kabel yang kurang kencang sambungan antar soketnya ataupun kabel yang korslet.

Pemeriksaan kelima tertuju ke bagian fuel pump yang berada di dalam tangki bensin, kemudian bagian tersebut diperiksa dan dibersihkan, tesetelah dipasang kembali dan dihidupkan mesinnya ternyata gejala brebet masih terjadi. Setelah beberapa tahap pemeriksaan di atas sudah dilalui, akhirnya montir mengambil kesimpulan kalau bagian fuel Pump ini harus diganti.


Setelah mengecek beberapa situs jual beli online, harga yang ditawarkan disana untuk penggantian part ini cukup beragam mulai dari harga 500 ribuan s/d 800 ribuan. Hmmmmmm…ternyata harganya lumayan juga yah, part Yamaha Jupiter Z 1 yang mempunyai kode 1DY-E3907-40. Karena kalau beli online membutukan waktu, dan waktu sudah cukup sore maka diputuskan untuk membeli di bengkel Yamaha setempat.
Fuel Pump Jupiter Z 1
Fuel Pump 

Fuel Pump Jupiter Z 1
Fuel Pump Yamaha Jupter Z 1


Singkat waktu Fuel Pump telah terpasang, dan harapannya adalah motor dapat hidup kembali dengan keadaan tidak brebet dan tersendat sendat. Keputusan yang diambil montir memang tepat, motor dihidupkan dan sudah tidak brebet lagi. Bagi kalian yang mengalami motor seperti kehabisan bensin atau brebet, beberapa langkah diatas dapat dilakukan, mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih telah mampir. (RAS) 

Artikel Terkait :

Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.
Honda XRM 125 Mirip Motor Cross Atau Motor Bebek ?
Helm Jarvish, Helm Pintar Yang Bisa Di hubungkan Ke Ponsel

0 Response to "Mengatasi Gejala Brebet atau Seperti Kehabisan Bensin Pada Yamaha Jupiter Z1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel